BlaBla.iT

All Material about Information Technology

Saturday, November 4, 2017

Apa itu microsoft one note ?

Apa itu microsoft one note ?

Apa itu microsoft one note ? - Oke, tidak ada bosan-bosannya memberikan materi kepada sobat-sobat di mana kalian berada. Kali ini saya akan berikan penjelasan mengenai microsoft one note, mungkin dari banyak pembaca baru mendengar apa itu microsoft one note. oke langsung saja disimak.

Pengertian Microsoft One note

Microsoft OneNote adalah aplikasi Office yang berfungsi seperti kertas catatan, dimana kamu bisa menulis, menggambar, memasukkan obyek, mencorat-coret, menampilkan screenshot, memberi komentar, serta membagikannya dengan rekan sekerja.

Software ini seperti halnya buku catatan elektronik atau Binder atau Notebook atau Loose Leaf yang biasa saya gunakan saat masa-masa kuliah. Semua catatan yang kamu tulis dapat di organisir dan dimanajemen oleh software ini sehingga kamu tidak lagi kesulitan mencari dimana tulisan-tulisan penting kamu

Berbeda dari Microsoft Word, di OneNote kamu bisa menulis dan meletakkan apapun di tempat manapun yang kamu suka. Hampir sama seperti saat mencorat-coret di kertas, di OneNote kamu juga bebas untuk meletakkan elemen catatan.

Fitur - Fitur Microsoft One note

Beberapa Fitur dari Microsoft One note 2007:


1. Pengelompokan tab dan halaman
Semua catatan dikelompokkan dalam beberapa tab yang disebut section. Setiap tab dibagi lagi menjadi beberapa halaman  yang mempermudah kita melakukan pengorganisasian semua catatan sehingga dapat dengan mudah kita cari.

2. Setiap halaman bisa terdiri dari banyak catatan
Tidak seperti program pengolah kata yang kaku, kita bisa menuliskan banyak catatan di halaman OneNote di manapun letaknya, bisa di tengah atau di tepi halaman dan tanpa takut kehabisan halaman. Kita tinggal klik di mana saja kita ingin menuliskan catatan. Catatan juga bisa digeser kemana saja kita mau.

3. Terdapat fasilitas insert
Dengan fasilitas insert, kita bisa menyisipkan gambar, video, audio, dan file jenis lainnya.
4. Terdapat fasilitas rekaman
Dengan OneNote, kita dimudahkan untuk melihat kembali kejadian saat kita mendapat informasi baik berupa suara maupun video. Kita juga bisa membukanya lagi saat kita butuhkan. 

5. Ada fasilitas Screen Capture
Fasilitas ini berupa icon dengan tulisan clip, dimana kita dapat memotrer layar yang sedang tampil di monitor dengan cara menyeleksinya terlebih dahulu dan kemudian dapat menjadikannya format gambar (.png).

6. Ada fasilitas Tag-To-Do
Ini adalah sebuah checkbox (kotak cek) di depan tulisan yang mana jika kita telah menyelesaikan sebuah pekerjaan, kita bisa memberikan tanda centang pada checkbox tersebut. Ada sekitar 30 Insert Tag yang lain seperti Insert Tag idea (dengan gambar lampu), Insert Tag Highlight, dan lain sebagainya.

7. Semua catatan ada di satu tempat
Semua catatan yang ada di OneNote ada di satu tempat sehingga kita dengan mudah menemukannya dan tidak tercecer. Berbeda dengan MS Word yang menyimpan catatan dalam satu file, sehingga semakin banyak catatan akan semakin banyak file dan menyulitkan untuk menemukan file yang telah kita buat.

8. Dapat membuat catatan bersama dan disharing
Dengan OneNote kita bisa bekerja sama dalam membuat sebuah catatan. Maksudnya adalah beberapa orang dapat mengerjakan catatan dan mengedit bersama-sama secara real time. Untuk itu harus ada sebuah komputer yang menjadi server dan yang lain tinggal gabung.

9. Tidak perlu save
Semua yang kita tuliskan dalam catatan secara otomatis akan disave oleh OneNote. Kita tidak perlu khawatir dengan catatan apakah telah disimpan atau belum.

Cara menggunakan Microsoft One note


1. Membuka Microsoft One note 

Langkah-langkah membuka OneNote 2007
1.    Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft OneNote 2007
2.    Double klik shortcut OneNote 2007 yang ada di desktop

2. Memulai Microsoft One note 2007

Setelah kita mengaktifkan Microsoft OneNote 2007, langkah pertama untuk pengoperasian OneNote adalah sebagai berikut :
  • Sebelum kita membuat notebook baru di OneNote, bagusnya jika kita menutup terlebih dahulu file Notebook yang sudah ada sebelumnya dengan meng klik kanan mouse pilih close this notebook, kemudian pilihlah menu FileNewNotebook
  • Pada tampilan diatas tuliskan judul atau nama Notebook pada kolom Name dan tentukan Template yang akan kita gunakan, kemudian klik Next
  • Klik pilihan I will use it on this computer, kemudian klik next.
  • Setelah menentukan lokasi penyimpan file, klik tombol Create dan kita mulai untuk membuat catatan didalam Notebook yang sudah kita buat.         

3. Membuat Section dan Page dalam Microsoft One note 2007

Section didalam Microsoft Onenote 2007 dapat diartikan sebagai bagian bab dalam sebuah buku, sedangkan Page adalah halaman atau bagian isi dari bab yang ada, berikut ini adalah pengoperasian keduanya dalam Microsoft Onenote 2007

Membuat Section baru

1. Klik Menu File – New - Section
2. Kemudian ketik judul section yg diinginkan/Klik kanan dibagian section pilih  new section

Mengganti nama Section

Langkah yang digunakan untuk mengganti nama section cukup dengan mengklik kanan bagian dari judul section kemudian pilih Rename kemudian ketik nama yang diinginkan

Membuat Page baru 

1.  Klik Menu File – New – Page
2.  Kemudian ketik judul page yg diinginkan/Klik kanan dibagian page pilih new page

Kegunaan Microsoft One note


Seperti halnya buku catatan, OneNote bisa kamu gunakan untuk menulis apa saja. Misalnya saja:
  • Menulis To do List
  • Mencatat Ide
  • Membuat Project Plan
  • Mengkomentari Desain
  • Menulis Quick Notes
Kapanpun kamu memerlukan catatan, atau ingin mencatat sesuatu secara digital, kamu bisa melakukannya di One note.

Kelebihan Microsoft One note


Terintegrasi dengan Microsoft Office
Kamu bisa memasukkan berbagai dokumen Office lain seperti Word, PowerPoint, Excel, dan Outlook kedalam OneNote. Kemudian kamu bisa mengkomentari, menambahkan catatan, atau mencorat-coret sesuai keperluan.

Bisa Memasukkan Apa Saja Dimana Saja
Kamu bisa menambahkan checklist, gambar, dokumen office, catatan, tulisan tangan, coretan, screenshot, highlighter (stabilo), data, grafik, audio, dan berbagai elemen lainnya. Posisi meletakkan elemen tersebut juga tidak dibatasi oleh area, artinya kamu bisa meletakkannya di area manapun yang kamu inginkan

Sinkronisasi dengan SkyDrive
OneNote khususnya di versi Office 2013 sudah otomatis tersinkronisasi dengan SkyDrive. Dengan begitu dokumen kamu akan tersimpan secara online dan bisa diakses dimanapun.

Mudah dalam Berkolaborasi dan Berbagi Catatan
Dokumen OneNote (notebooks) bisa dibagikan dengan rekan kerja atau teman melalui menu share yang telah disediakan. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan rekan kerja dan menyelesaikan catatan secara bersama-sama.

Kekurangan Microsoft One note

Dari segi fitur dan kemudahan, OneNote hampir tidak memiliki kekurangan. Software ini menjadi software pencatat dengan fitur yang paling lengkap.

Salah satu kekurangan OneNote adalah harganya yang mahal. Satu aplikasi OneNote dijual dengan harga $69.99 dan menjadi bagian dari paket Microsoft Office dimana paket termurahnya dijual dengan harga $139.99.

Selain itu OneNote bakal lebih termanfaatkan dengan baik jika pengguna memiliki layar touchscreen atau pen drive. Jika hanya menggunakan mouse, cukup sulit untuk bisa menulis tulisan tangan atau mencorat-coret di OneNote.

Kesimpulan apa itu Microsoft One note ?

Microsoft Office OneNote adalah salah satu program yang termasuk ke dalam kelompok Microsoft Office. Fungsi utama program komputer ini antara lain sebagai alat untuk mencatat. Kita dapat menuliskan catatan, pemikiran, ide, coretan, pengingat, dan semua jenis informasi lainnya dalam OneNote.

OneNote menawarkan kanvas bebas-bentuk di mana bisa mengetik, menulis, atau menggambar catatan dalam bentuk teks, grafik, dan gambar. Oleh karena itu, OneNote merupakan media mencatat yang sangat powerfull karena bisa mencatat tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar, suara bahkan video.

Aplikasi perkantoran dari Microsoft Office ini bisa diterapkan dalam kegiatan perkantoran, maupun kegiatan sehari-hari, misalnya membuat agenda, daftar kegiatan yang akan dikerjakan, maupun sebagai reminder atau pengingat kegiatan perkantoran yang lainnya.


Sources :
Https://winpoin.com/apa-itu-microsoft-onenote-dan-apa-fungsinya/
Https://uchiuwik.blogspot.co.id/2014/02/makalah-ms-office-2007.html?m=1
Https://ranikulsum16.blogspot.co.id/2015/11/microsoft-office-onenote.html?m=1

No comments:

Post a Comment