BlaBla.iT

All Material about Information Technology

Saturday, November 4, 2017

Sejarah Logika menurut beberapa ahli

Sejarah Logika menurut beberapa ahli

Sejarah Logika menurut beberapa ahli  - Materi kali ini yaitu mengenai logika informatika, materi yang cukup mudah menurut saya karena sobat hanya menggunakan logika sobat untuk memahami materi ini dengan baik. Akan tetapi saya hanya akan membahas pengertian logika menurut beberapa ahli. Langsung saja di simak.

Definisi Logika

Logika berasal Dari bahasa Yunani yaitu logos yang artinya pikiran yang di ungkapkan dalam perkataan. Dengan kata lain logika adalah Ilmu untuk berfikir dan menalar dengan benar (sehingga didapatkan kesimpulan yang absah).

Sehingga manusia mampu mengembangkan pengetahuan karena mempunyai bahasa dan kemampuan menalar. Untuk dapat menarik konklusi yang tepat, diperlukan kemampuan menalar.

Kemampuan menalar

Kemampuan menalar yaitu kemampuan untuk menarik konklusi yang tepat dari bukti-bukti yang ada, dan menurut aturan-aturan tertentu.

Logika bisa merupakan cabang filosofi dan bisa juga cabang dari matematika. Logika terkategori matematika murni karena matematika adalah logika yang tersistematisasi.

Sejarah logika dari para ahli


Thales (624 – 548 SM)

Thales adalah Filsuf Yunani pertama yang meninggalkan segala dongeng, takhayul, dan cerita-cerita isapan jempol dan berpaling kepada akal budi untuk memecahkan rahasia alam semesta. 

Thales mengatakan: air adalah arkhe (Yunani) yang berarti prinsip atau asas utama alam semesta.
Thales telah mengenalkan logika induktif

Aristoteles (384 – 332 SM)

Aristoteles (384 - 332 SM) mengenalkan logika sebagai ilmu. Aristoteles mengatakan bahwa kesimpulan Thales diperoleh dari alasan bahwa air adalah jiwa segala sesuatu. Inti dari logika Aristoteles adalah Silogisme.

Zeno (334 –226 SM)

Zeno adalah ahli yang memperkenalkan pertama kali tentang istilah logika.

Augustus De Morgan (1806-1871)

Augustus De Morgan (1806-1871) adalah Ahli yang menemukan Induksi Matematika dan  Hukum Ekuivalensi Logika De Morgan.

George Boole(1815-1871)

George Boole(1815-1871) Yang memperkenalkan tentang aljabar boolean

Giuseppe Peano (1858-1932)

Penemu istilah logika matematika dan teori himpunan.

Emil L Post(1897-1954)

Yang memperkenalkan tabel kebenaran.


Mungkin hanya itu saja mengenai sejarah dari logika, semoga bisa menambah wawasan sobat. untuk materi bisa di download di bawah ini dalam bentuk power point.




No comments:

Post a Comment